Rabu, 08 Januari 2014

Penguatan Karakter melalui Teater.

Ada cerita tentang bagaimana kita sebagai manusia hendaknya dapat menjadi diri sendiri, ada cerita tentang hukuman bagi anak yang tak menghormati orang tua , ada cerita bagaimana kita harus saling menghargai sesama teman, ada pula siswa yang menggunakan tata rias yang unik, ada anak yang menggunakan properti yang sederhana namun lucu ada pula yang tiba-tiba lupa dengan naskah. 
Itulah gambaran singkat pelajaran teater yang berlangsung di SMPIT Al-fatih 1 Tangerang. Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya dan tradisi sangat beragam jenis cerita rakyatnya , ada cerita Malin Kundang , ada Jaka Tarub, ada Timun Mas dan lain-lain, semuanya itu banyak mengandung hikmah tentang anjuran untuk selalu mengedepankan kebaikan.
Hubungan seni teater dengan peningkatan karakter siswa ternyata sangat kuat, siswa dapat melatih keberanian berbicara, siswa dapat melatih komunikasi dan kerjasama dalam berteater, siswa dapat fokus pada peran yang dimainkan dan semuanya berujung pada penguatan karakter yang terdapat dalam jiwa siswa yang penting bagi perkembangan diri dan masa depannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar