Rabu, 21 Agustus 2013

Merancang Lingkungan Pembelajar

Ruang kelas haruslah sesuai dengan lingkungan alami anak-anak, sebuah tempat berlangsungnya interaksi bahasa yang konstan, dimulai dengan personal dan ekspresif menuju penggalian dan perluasan batas-batas lingkungan. (Rexford G.Brown).

Kelas yang berorientasi pembelajar disemarakkan dengan kegiatan agar kemampuan belajar siswa dapat dibina dandikembangkan daya cipta dan daya imajinasinya dalam proses pembelajaran. Modal belajar siswa yang mengandung unsur visual. linguisti serta kinestetis sangat baik kita jadikan sarana pendorong yang baik bagi penerapan metode yang guru terapkan di dalam kelas.
Contohnya adalah sebelum tahun ajaran baru dimulai sang guru dan siswanya bersama-sama merancang keadaan ruang kelas, dengan menempelkan slogan dan gambar cita-cita serta mendisplay gambar-gambar atau poster yang berhubungan dengan mata pelajaran hingga siswa akan merasa betah dan gembira ketika belajar bersama.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar